Senin, 30 April 2018

PENGUKURAN KEBUGARAN CALON JAMAAH HAJI

Peserta dan panitia kegiatan Pengukuran Kebugaran Calon Jamaah Haji


Pengukuran kebugaran calon jamaah haji, adalah salah satu kegiatan yang dilakukan oleh UPT Puskesmas Panaguan.


Panitia kegiatan pengukuran kebugaran calon jamaah haji

Pengukuran kebugaran calon jamaah haji yang diadakan oleh UPT  Puskesmas Panaguan bekerjasama dengan Dinas Kesehatan Pamekasan dan KBIH diselenggarakan pada hari sabtu tanggal 28 April 2018 dimulai pukul 06.00 WIB sampai selesai.

Pada acara pengukuran ini dihadiri oleh 41 peserta calon jamaah haji dan beberapa panitia dari UPT Puskesmas Panaguan, KBIH, dan Dinas Kesehatan Pamekasan.

Pengukuran kebugaran calon jamaah haji ini merupakan sebuah program pemerintah yang wajib dilaksanakan oleh seluruh calon jamaah haji yang akan berangkat setiap tahunnya.

Dengan adanya kegiatan ini diharapkan calon jamaah haji dapat diketahui tingkat kebugarannya dan dapat melakukan latihan olahraga yang baik, benar, teratur, dan terukur (BBTT).

Pengukuran kebugaran calon jamaah haji ini di mulai dengan pendaftaran diawal oleh petugas dengan mendata nama, tanggal lahir, umur, jenis kelamin, dan alamat.

Pendaftaran Awal Pengukuran Kebugaran Calon Jamaah Haji

Pendaftaran Awal Pengukuran Kebugaran Calon Jamaah Haji

Selanjutnya dilakukan pengukuran tinggi badan, berat badan, tekanan darah, dan penghitungan denyut nadi. Setalah data pada lembar pendaftaran sudah terisi dengan hal-hal di atas, kemudian yang bersangkutan diberi nomor dada.

Pengukuran berat badan

Pengukuran tekanan darah

pengkuran tinggi badan

penghitungan denyut nadi

Nomor dada untuk peserta pengukuran kebugaran calon jamaah haji

Pemberian nomor dada untuk peserta pengukuran kebugaran calon jamaah haji


Nomor dada digunakan untuk melakukan pengukuran kebugaran dengan lari Rockport 1,6 KM untuk peserta dengan kesehatan normal dan jalan 6 menit untuk peserta yang memiliki penyakit resiko tinggi.

Persiapan Olahraga Pemanasan

Sebelum melakukan lari dan jalan, peserta diarahkan untuk melakukan pemanasan terlebih dahulu. Baru setelah itu lari dan jalan dilakukan sesuai aturan dan pemisahan peserta menurut kategori kebugaran peserta.

Olahraga pemanasan ringan untuk peserta pengukuran kebugaran calon jamaah haji

Olahraga pemanasan ringan untuk peserta pengukuran kebugaran calon jamaah haji

Olahraga pemanasan ringan untuk peserta pengukuran kebugaran calon jamaah haji

Setelah selesai lari dan jalan, peserta dipersilahkan untuk istirahat sambil diukur denyut nadi secara bergiliran. Seluruh peserta berkumpul setelah melakukan lari dan jalan untuk diadakan penyuluhan mengenai kesehatan dan tips kebugaran untuk calon jamaah haji yang diberikan oleh panitia dari pihak UPT Puskesmas Panaguan dan dari Dinas Kesehatan Pamekasan.

Penyuluhan kesehatan dan tips kebugaran untuk calon jamaah haji

0 comments:

Posting Komentar